The UPDATE permission was denied on the object 't_visitor_counter', database 'web', schema 'dbo'. Pertamedika Website

Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Kanker Usus

04 Februari 2019

1. Alpukat 

Selain punya rasa yang enak, alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh. Alpukat mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan munculnya polip.
Jika pencernaan lancar maka resiko kanker usus bisa diminimalisir. orang yang kekurangan serat memiliki resiko terkena kanker usus setidaknya hingga 40 persen. 

2. Yoghurt

Sumber probiotik juga bisa jadi salah satu asupan yang merangsang kesehatan usus. Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt bermanfaat menjaga flora dalam usus agar tetap sehat dan seimbang. 
Selain yoghurt, susu juga memiliki khasiat yang sama. Orang yang mengonsumsi segelas susu dalam sehari tercatat mampu menurunkan resiko kanker usus hingga 15 persen. 

3. Kunyit 

Bumbu dapur berwarna kuning ini dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kunyit juga terbilang bisa mencegah datangnya masalah pencernaan hingga gejala kanker usus. 
Pigmen kuning pada kunyit yang bernama curcumin dianggap sebagai obat anti kanker. Curcumin juga bersifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan dan berkontribusi mengurangi pertumbuhan sel tumor. 

4. Ikan 

Mengonsumsi 300 gram daging ikan dalam seminggu dapat menurunkan resiko kanker usus sebesar 30 persen. Pilih ikan yang mengandung lemak bagus seperti salmon dan makarel. 

Kandungan omega-3 pada beberapa jenis ikan juga membantu mengurangi peradangan dalam usus. Jadi bisa dikatakan, ikan adalah pilihan makanan yang lebih baik dibandingkan daging.

5. Teh hitam dan teh hijau 

Selain memberikan efek rileks, teh hijau dan teh hitam juga mengandung senyawa yang menonaktifkan sel penyebab kanker. Senyawa ini juga menghalangi tumbuhnya sel kanker agar tak menyebar. 
Mengonsumsi dua cangkir teh setiap hari bisa menurunkan hingga 30 persen resiko kanker usus. Selain itu teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung antioksida yang disebut catechin yang terbukti mampu melawan radikal bebas penyebab kanker.

SELAMAT HARI KANKER SEDUNIA

sumber : https://food.detik.com