The UPDATE permission was denied on the object 't_visitor_counter', database 'web', schema 'dbo'. Pertamedika Website

Selamat Datang di PT Pertamina Bina Medika

Telepon : (021) 7219031 / (021) 7219299
   Email : info@pertamedika.co.id

SENYUM MANIS BERKAT KAWAT GIGI

11 Juli 2019

Kamu tahu gak, apa yang dimaksud dengan perawatan ortodonti ?  Ortodonti yang  merupakan  salah satu cabang ilmu kedokteran gigi, adalah  membetulkan atau memperbaiki letak gigi.

Tujuan perawatan ortodonti adalah memperoleh   kontak gigi yang harmonis, letak maupun fungsinya. Caranya dengn  menggerakkan gigi-gigi ke posisi yang lebih bagus dengan mengadakan stimulasi terhadap tulang pendukung di sekitar gigi, dengan menggunakan perangkat alat orto /kawat gigi.

Manfaat hasil dari pemakaian kawat gigi dalam perawatan ortodonti yaitu memaksimalkan fungsi pengunyahan, mempertinggi daya tahan gigi terhadap terjadinya karies gigi, menghindari kerusakan gigi dari penyakit periodontal yaitu penyakit pada jaringan yang mendukung gigi, akibat posisi gigi yang tidak teratur, mencegah dan menghilangkan cara pernafasan yang abnormal, memperbaiki cara bicara yang salah, akibat letak gigi yang tidak normal, menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan kelainan yang lebih berat, seperti menggigit kuku, ibu jari, pensil, menghisap bibir, dan sebagainya yang menyebabkan terjadinya anomali letak gigi dan rahang, memperbaiki persendian temporomandibular yang abnormal, mencegah terjadinya keadaan abnormal dari bentuk muka atau kelainan rahang dan gigi, menimbulkan rasa percaya diri.

 Siapa aja sih.. perlu memakai kawat gigi untuk dilakukan perawatan ortodonti?

Yaitu mereka yang mempunyai kelainan yang disebut maloklusi yaitu penyimpangan gigi dari oklusi (kontak gigi) normal yang mengganggu kesempurnaan fungsi gigi. Antara lain gigi berjejal, gigi berantakan, gigi miring, gigi atas yang tonggos, gigi bawah yang lebih maju dari gigi atas ( cameh), gigi yang renggang, rahang yang miring, gigitan terbuka. Kalau dari sisi usia, kawat gigi tidak saja untuk anak-anak dan remaja tapi untuk orang dewasapun bisa dengan syarat gigi dan gusi serta tulang pendukung giginya masih sehat.

Mengapa perlu memakai kawat gigi?

Penyimpangan letak gigi yang menyebabkan karies gigi atau gigi berlubang, kadang sampai terkena penyakit jaringan pendukung gigi. Maloklusi (pertautan gigi rahang atas dan rahang bawah yang tidak pas.menyebabkan orang tidak dapat mengunyah dengan benar, dan  berdampak pada fungsi pencernaan, dan juga dapat menyebabkan ketegangan otot-otot sekitar mulut dan sendi rahang hingga bisa menimbulkan sakit kepala.

Jenis braces/kawat gigi

  • Ada yang lepasan yaitu alat orto yang bisa dilepas pasang sendiri oleh pasien
  • Ada yang fix yaitu alat orto dipasang dan dilepas hanya oleh dokter gigi. Ini ada bermacam-macam yaitu: dari sisi bahannya ada yang terbuat dari logam, ada yang transparan terbuat dari ceramic/porcelain, atau dari Kristal. Dari sisi sistimnya ada self ligating (tidak memakai karet) dan active ligating. Dari sisi letaknya ada yang didepan gigi, ada yang dibelakang gigi disebut lingual braces. Masing-masing jenis braces tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Prosedur Perawatan

Lakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli orthodontist, naihh…ini harus dokter spesialis orthodontie yaaa…bukan orang yang mengaku ‘tukang gigi’. Dokter Orthodonty akan melakukan pemeriksaan gigi, foto ronsen ada 2 macam, foto kamera wajah dan gigi geligi, kemudian membuat cetakan gigi. Bila ada masalah pada gusi dan gigi maka perlu dibenahi dahulu.

 Selama tahap perawatan, pasien diinstruksikan untuk datang kontrol sekitar 3 – 4 minggu sekali. Yang harus diperhatikan ketika memakai kawat gigi adalah: kebersihan gigi dan mulut lebih dari ketika tidak memakai kawat gigi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, dan membiasakan berkumur dengan air putih setelah makan dan membersihkan sisa makanan yang masih menempel pada behel dan gigi.

Setelah perawatan selesai, kawat gigi dilepas dan gigi dibersihkan, kemudian dilakukan pencetakan gigi kembali untuk dibuatkan retainer yaitu alat orto yang berfungsi untuk mempertahankan hasil perawatan yang sudah dicapai.

Kalau kamu mau konsultasi lebih jauh tentang pemasangan kawat gigi, segera datang ke Klinik Orthodontie di Poliklinik Gigi & Mulut RS Pusat Pertamina, Jl.Kyai Maja No.43 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Untuk mencek jadwal dokter gigi bisa mengakses website www.rspp.co.id. Atau kamu bisa menghubungi dulu nomor telepon poliklinik Gigi & Mulut RSPP, di pesawat 021.721 9576.